Tugas 1-Interaksi Manusia dan Komputer

Siapa yang tak kenal dengan website alternatif dari KRS IPB yang tak lain adalah Sistem Informasi Akademik (SIMAK) IPB. SIMAK IPB ini mulai di rancang sedemikian rupa untuk memperbaiki kekurangan pada website KRS IPB. Walaupun tahun ini SIMAK IPB masih dalam tahap uji coba dan pematangan, namun untuk kedepannya website ini akan menjadi andalan baru bagi seluruh mahasiswa IPB.

SIMAK IPB didesain untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses berbagai informasi akademik yang lebih lengkap. Berikut adalah keunggulan website SIMAK IPB:

  1. Sistem keamanan lebih terjaga dibandingkan dengan website KRS IPB

LOGIN.PNG

Seperti yang kita ketahui, KRS IPB dapat menerima input NIM mahasiswa dalam proses login. Padahal, NIM bukan lagi rahasia di kalangan mahasiswa IPB. Bagaimana bagi mahasiswa yang memiliki password  yang “mudah ditebak”? Inilah titik kelemahannya. NIM yang mudah diketahui dan password yang mudah ditebak ini akan memudahkan orang lain untuk mengakses halaman website pengguna tersebut.

Login SIMAK IPB menolak ID pengguna dengan input NIM mahasiswa. Hal ini lebih memberi kenyamanan bagi pengguna karena tingkat keamanannya lebih tinggi dibandingkan dengan website KRS IPB. Walaupun pengguna memiliki password yang mudah ditebak, setidaknya ID pengguna tidak sembarang orang yang mengetahuinya.

  1. Desain website yang konsisten, simple, menarik, dan sesuai dengan kapabilitas pengguna

menu.PNG

Desain website dengan template yang konsisten, simple, menarik, dan sesuai dengan kapabilitas pengguna ini merupakan nilai positif sebagai sarana dialog bagi manusia dan komputer. SIMAK IPB didesain dengan jenis dan ukuran font yang mudah dibaca dan warna yang tidak terlalu “mencolok” sehingga pengguna nyaman selama mengakses website tersebut. Selain itu, SIMAK IPB juga menyediakan tampilan pada menu utama berupa kumpulan informasi penting bagi mahasiswa, salah satunya adalah grafik pergerakan IP dan IPK selama proses belajar di IPB. Hal ini meningkatkan efisiensi tindakan yang dilakukan pengguna karena informasi yang “biasanya” dicari sudah tersedia dalam satu tampilan. Desain yang dirancang pada website ini juga dapat dikategorikan sebagai website yang mudah dipelajari dan sesuai dengan karakteristik  pengguna.

  1. Kemudahan mengakses pencarian

srch.PNG

 

a-z.PNG

Dengan adanya kolom pencarian di beberapa menu, hal ini memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang ingin diketahui secara efisien. Selain itu, setiap kolom jadwal yang tersedia saat ini telah memiliki ascending-descending button sehingga pengguna lebih mudah mencari informasi secara sistematis.

  1. Adanya umpan balik

Pengguna website tersebut dapat mengisi umpan balik berupa kritik atau saran sehingga pengembangan web tersebut semakin efektif dan efisien kedepannya.

Dibalik kelebihan tersebut, website ini memiliki kekurangan tersendiri. Berikut adalah gambar beserta alasan yang terkait:

jadwal.jpg

Informasi jadwal kuliah pada tahun akademik yang sudah sangat lama masih dapat diakses. Padahal, tujuan SIMAK IPB fokus pada mahasiswa IPB yang masih berstatus sebagai mahasiswa aktif. Informasi ini tidak lagi relevan terhadap tujuan dibentuknya website ini. Lagi pula, jadwal kuliah pada tahun akademik yang lampau merupakan informasi yang jarang diakses oleh pengguna.

SIMAK IPB merupakan website yang multi fungsi, karena selain mengakses KRS online, kita juga dapat mengakses EPBM online, mengetahui jadwal ujian dan seminar, serta mengetahui grafik perkembangan indeks prestasi selama menjadi mahasiswa IPB.

3 thoughts on “Tugas 1-Interaksi Manusia dan Komputer

  1. Wah menurut saya tampilan SIMAK lebih bagus dan lebih mudah dimengerti daripada tampilan KRS yang sekarang, selain itu ditampilkan pula grafik perkembangan IP kita, ini sebagai pertimbangan kita untuk mengambil jumlah mata kuliah yang akan dipelajari

    Like

Leave a comment